Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di Kelas VIII-D MTsN Jeureula Aceh Besar

Fariza Ulfa, 261121446 (2016) Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di Kelas VIII-D MTsN Jeureula Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Hasil Belajar; Kreatifitas Belajar]
Preview
Text (Mengenai tentang Hasil Belajar; Kreatifitas Belajar)
FARIZA ULFA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42MB) | Preview

Abstract

Kreativitas diperlukan siswa dalam pembelajaran, agar siswa mampu mengemukakan pendapatnya dan dapat mengembangkan sendiri materi yang dipelajarinya. Kenyataannya banyak terdapat siswa yang tidak berani untuk mengemukakan pendapatnya. Akibatnya hasil belajar siswa cenderung kurang meningkat. Oleh karena itu diperlukan kondisi pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa. Salah satunya adalah model AIR, model ini menuntut keberanian siswa dalam menyatakan pendapat (Auditory), menuntut siswa untuk memecahkan masalah (Intellectually), dan menuntut siswa untuk mengulang kembali materi yang telah dipelajari (Repetition). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran AIR yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-D MTsN Jeureula Aceh Besar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D MTsN Jeureula Aceh Besar yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes kreativitas dan hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas guru dan siswa menggunakan pendeskripsian. Hasil belajar dan kreativitas dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru belum efektif karena guru belum mampu menguasai tahapan pembelajaran dengan baik dan pada siklus II aktivitas guru mulai mengalami peningkatan karena sudah mampu menguasai tahapan pembelajaran dengan baik. Aktivitas siswa pada siklus I hanya 6 siswa yang berani menyatakan pendapat, pada siklus II terdapat peningkatan 10 siswa yang mulai berani menyatakan pendapat. Kreativitas siswa untuk aspek kelancaran 61,1% meningkat menjadi 70,36%, aspek keluwesan 27,77% meningkat menjadi 48,14% dan aspek kebaruan 14,81% meningkat menjadi 25,92%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I yaitu 74,07%, pada siklus II meningkat menjadi 85,18% dan tes akhir 88,88%.. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D MTsN Jeureula Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M. Kes; 2. Budi Azhari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fariza Ulfa
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:08
Last Modified: 24 Jan 2018 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item
View Item