Istikhdam Thariqah Learning Together (LT) Litarqiyyati Qudratit Thalabah ‘Ala Maharatil Qiraah (Dirasah Tajribiyyah Bi Ma’hadi Darul Ulum Banda Aceh

Tutia Rahmi, 221323953 (2017) Istikhdam Thariqah Learning Together (LT) Litarqiyyati Qudratit Thalabah ‘Ala Maharatil Qiraah (Dirasah Tajribiyyah Bi Ma’hadi Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Metode Learning Together]
Preview
Text (Membahas Metode Learning Together)
Tutia Rahmi_221323953.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun sebab yang mendorong peneliti untuk memilih judul ini karena lemahnya siswa dalam keterampilan qiraah ( membaca) di kelas 2c . Murid di kelas 2C belum mampu membaca teks dengan fasih , dan belum bisa memahami teks dengan baik, ini disebabkan karena metode yang digunakan di kelas tersebut tidak efektif untuk meningkatkan keterampilan qiraah, ini dibuktikan dengan tidak aktifnya siswa, dan metode yang diterapkan belum bisa mengatasi keadaan murid yang menyukai pujian,di metode sebelumnya murid belum mendapatkan pujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Learning Together dan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dengan menggunakan metode tersebut. Peneliti menggunakan metodologi penelitian eksprimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Dayah Darul Ulum Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 778 siswa. Adapun sampel yang diambil adalah siswa kelas 2C yang berjumlah 28 siswa. pengambilan sampel ini peneliti menggunakan purposive sampling Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan tes dan Angket. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan Membaca.Buktinya : Dari hasil data observasi langsung dikatakan bahwa jumlah nilai untuk aktifitas guru adalah 96,6% yang berarti istimewa dan nilai aktifitas siswa berjumlah 90,62% yang berarti istimewa. Selanjutnya dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to2,77) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t(tt.ts.5% = 12,73dan tt.ts.1% =2,50) maka dapat diketahui to lebih besar daripada tt : (2,77 < 12,73> 2,50), dan nilai hasil angket dengan persentase 61,42% sangat setuju dan 38,57% setuju. maka hipotesis nihil ditolak yang artinya penggunaan metode Learning Together efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi: 1. Qusaiyen S.Ag, M.Ag 2. Dra. Aisyah Idris M.Ag
Uncontrolled Keywords: Learning Together, Qiraah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: TR 221323953 Tutia Rahmi
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:40
Last Modified: 25 Jan 2018 01:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item
View Item