Devi Aivama, 251222791 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
DEVI AIVAMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Salah satu beberapa model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, model pembelajaran GI (Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Pra-Eksperimen, sedangkan desainnya adalah One Grup Pretest-Postest yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Samadua Aceh Selatan, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua tahun ajaran 2016/2017 dan sampelnya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua Aceh Selatan. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Analisis data menggunakan Uji-t dengan rumus Separated Varian, diperoleh hasil, dan hasil perhitungan thitung ≥ ttabel yaitu 12,84 ≥ 1,82. sehingga H_o ditolak, maka H_a diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan hasil belajar siswa pada Pesawat Sederhana dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Marzuki, M.SI; 2. Fitriyawany, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Group Investigation , Hasil Belajar, Pesawat Sederhana |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Devi Aivama |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 02:26 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 02:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2340 |