Taksiru Istikhdam Struktured Dyadic Methods (SDM) wal Qawaid wa Attarjamah fi Ta'alllumi Alqawaid Annahwiyah (Dirasah Tajribiyah bi MAN Kuta Baro Aceh Kubra)

Nafa Rizki Ananda, 221323965 (2017) Taksiru Istikhdam Struktured Dyadic Methods (SDM) wal Qawaid wa Attarjamah fi Ta'alllumi Alqawaid Annahwiyah (Dirasah Tajribiyah bi MAN Kuta Baro Aceh Kubra). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang metode pembelajaran)
Nafa Rizki Ananda_221323965.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun sebab yang mendorong peneliti untuk memilih judul ini karena lemahnya siswa dalam pembelajaran nahwu dan sharaf dan mereka tidak mampu untuk membuat contoh yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) dan qawaid tarjamah dalam pembelajaran qawaid nahwiyah dan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dengan menggunakan metode tersebut. Peneliti menggunakan metodologi penelitian eksprimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dan seorang guru yang berjumlah 110 di MAN Kuta Baro Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIA dan pengambilan sampel ini peneliti menggunakan purposive sampling Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran qawaid nahwiyah.. Buktinya : Dari hasil data observasi langsung dikatakan bahwa jumlah nilai untuk aktifitas guru adalah 82,16% yang berarti istimewa dan nilai aktifitas siswa berjumlah 66,6% yang berarti baik sekali. Selanjutnya dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to 8,40) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t(tt.ts.5% = 2,10 dan tt.ts.1% = 2,88) maka dapat diketahui to lebih besar daripada tt : (2,10 < 8,40> 2,88) maka hipotesis nihil ditolak yang artinya penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) dan qawaid tarjamah efektif untuk meningkatkan kemampuan qawaid siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tri Qurnati M.Ag 2. Safariah S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Struktured Dyadic Methods (SDM), Pembelajaran qawaid nahwiyah,
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NFR 221323965 Nafa Rizki Ananda
Date Deposited: 26 Jan 2018 08:04
Last Modified: 26 Jan 2018 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2349

Actions (login required)

View Item
View Item