Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajarann Problem Based Instruction pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh

Desy Novita Putri, 261222919 (2017) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajarann Problem Based Instruction pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
DESY NOVITA PUTRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru di dalam kelas belum dapat memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Guru masih menerapkan pembelajaran teacher-centered, yaitu guru yang menjelaskan materi sedangkan siswa hanya memperhatikan dan mengikuti contoh yang diberikan oleh guru. Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa juga disebabkan oleh pembelajaran yang diberikan oleh guru yang hanya berisi contoh dan soal latihan rutin. Lalu dicarilah alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction dalam aktivitas pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 24 siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes mencakup tes awal, tes siklus I, tes siklus II, tes akhir, lembar observasi kemampuan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data dari hasil tes dan lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 61,97%, lalu pada siklus II meningkat menjadi 78,12%, dan pada tes akhir meningkat menjadi 87,5%. Jadi, dapat dikatakan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dimana kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari setiap siklusnya. Sehingga model pembelajaran Problem Based Instruction ini bisa diterapkan dalam pembelajaran baik dalam pelajaran matematika maupun dalam pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M.Duskri, M.Kes; 2. Susanti, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Problem Based Instruction
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Desy Novita Putri
Date Deposited: 31 Jan 2018 09:06
Last Modified: 31 Jan 2018 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item
View Item