Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda di Kelas IV MIN Sawang Dua Kabupaten Aceh Selatan

Marzuki, 200919508 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda di Kelas IV MIN Sawang Dua Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
MARZUKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran inkuri merupakan suatu model pembelajaran yang dipusatkan pada kemampuan siswa dalam menemukan masalah yang sebenarnya dengan proses mencari/menyelidiki sehingga siswa harus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk mendapatkan temuan-temuan dalam masalah itu melalui proses penelitian. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui aktifitas belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda.(2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan (2) tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasi penelitian yang diperoleh adalah (1) aktifitas guru meningkat dari 2,56 pada siklus pertama menjadi 3,12 pada siklus II, (2) hasil tes pada siklus siklus pertama 2,75 meningkat menjadi 3,62 pada siklus ke II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran inkuiri siswa lebih aktif, sistematis, kritis, logis, analitis dalam memahami konsep belajar karena bakat dan kreatifitas siswa dapat diasah dengan baik dan mereka diberikan tanggung jawab dalam menentukan masalahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs.Nurdin Manyak,M.Ag; 2. Tursinawati,SPd,I,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marzuki Hasbi
Date Deposited: 31 Jan 2018 04:48
Last Modified: 31 Jan 2018 04:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item
View Item