Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di MTsN 5 Aceh Jaya

Rauzatul Jannah, 251020694 (2018) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di MTsN 5 Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan] Text (Membahas Tentang Pendidikan)
SKRIPSI LENGKAP.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bidang pelajaran fisika materi Hukum Newton, berdasarkan hasil observasi dan PPL di MTsN 5 Aceh Jaya, bahwa rendahnya prestasi belajar siswa. Siswa beranggapan bahwa pelajaran fisika yang sulit dipahami. Karena fisika merupakan pelajaran yang berisikan rumus-rumus. dampak dari kurangnya kemauan siswa untuk belajar fisika, sangat berpengaruh terhadap nilai UN kedepannya. Karena fisika merupakan salah satu pelajaran yang termasuk dalam UN. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hukum newton di MTsN 5 Aceh Jaya, mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian Pre test- Post test One Group Design yang dilakukan di MTsN 5 Aceh Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Aceh Jaya. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah 25 siswa. Data dianalisis untuk melihat prestasi belajar siswa, sesuai dengan analisis N-Gain persentase yang diperoleh menunjukkan bahwa pada kategori Tinggi mencapai 60%, kategori Sedang 32%, dan pada kategori Rendah mencapai 8%. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada preetest mencapai 37,2 dan pada posttest mencapai 84,4. Sedangkan respon nilai persentase siswa secara keseluruhan setelah adanya penerapan metode eksperimen yang menyatakan Sangat Setuju (28,0%), Setuju (42,8%), Tidak Setuju (11,6%) dan Sangat Tidak Setuju (3,2%). Persentase respon siswa termasuk kedalam kriteria Tertarik yaitu persentase Sangat Setuju 28,0% ditambah dengan persentase Setuju 42,8% adalah 70,8% . Ini sesuai dengan kriteria persentase respon siswa, di mana 56-75% = Tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof.Dr.H.Jamaluddin Idris,M.Ed 2. Arusman,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Prestasi Belajar Siswa dan Hukum Newton
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:38
Last Modified: 02 Feb 2018 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item
View Item