Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe E5 Berbantu Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar

Eka Fitriani, 291325001 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe E5 Berbantu Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Pembelajaran)
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Unggul Darul Imarah.Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada materi koloid, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 75.Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa.Model pembelajaran learning cycle tipe E5 adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered).Adapun tujuan penelitian ini adalahUntuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle tipe E5 berbantu media video dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran learning cycle tipe E5 berbantu media video pada materi Koloid di SMAN 1 Unggul Darul Imarahdan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran learning cycle tipe E5berbantu media video pada materi Koloid di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Rancangan penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan uji sampe ttest sedangkan data untuk angket dianalisis dengan persentase.Dari hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle tipe E5 dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran learning cycle tipe E5.Hal ini dapat dilihat dari signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan dari hasil analisis n-gain menunjukkan nilai rata-rata n-gain adalah 0,8 yakni termasuk kedalam kategori tinggi.Hasil respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran learning cycle Tipe E5 adalah tertarik, hal tersebut sesuai dengan data hasil analisis persentase respon siswa yakni 89,60 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Azhar Amsal, M.Pd 2.NUrbayani, M.A
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe E5, Media Video, hasil belajar, respon siswa, koloid
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Eka Fitriani
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:33
Last Modified: 09 Feb 2018 08:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item
View Item