Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Animasi pada Materi Virus di Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara

Maulinda Yani, 281324915 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Animasi pada Materi Virus di Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model dan media pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model dan media pembelajaran)
Skripsi Untuk Perpus Induk Punya Linda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara selama proses pembelajaran biologi masih berpusat pada guru, penggunaan model pembelajaran belum bervariasi dan masih terbatas. Selama ini guru sudah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada materi virus, akan tetapi media yang sering digunakan hanya papan tulis, sedangkan media animasi belum digunakan oleh guru. Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang mengemukakan pendapat, kurang bertanya pada saat guru sudah menyampaikan materi dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahkan hasil belajar siswa, sehingga perlu diatasi yaitu dengan menggabungkan model dengan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media animasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental design dibuat dalam bentuk one group pre-test and post-test design. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa serta soal tes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan peningkatan hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hipotesis akan diuji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05%. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata aktivitas siswa tergolong baik yaitu pada pertemuan pertama 68,14% dan pertemuan kedua 74,14%, hasil analisis statistik data menggunakan t-test diperoleh thitung=13,74 sedangkan ttabel= 1,729 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Animasi Pada Materi Virus Di Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eriawati, S. Pd. I., M.Pd. 2. Eva Nauli Taib, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Media Animasi, Materi Virus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulinda Yani
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:40
Last Modified: 09 Feb 2018 07:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item
View Item