Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Momentum dan Tumbukan di Kelas Xi Sman 1 Indra Jaya

Rizka, 251 324 518 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Momentum dan Tumbukan di Kelas Xi Sman 1 Indra Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas Tentang Hasil Belajar)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Jaya umumnya masih rendah, hal ini diketahui berdasarkan hasil nilai ulangan siswa 10 dari 25 siswa mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa yang mana siswa tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya tatapi diharapkan dengan penemuan sendiri, sesuatu yang diperoleh dengan cara ini akan lebih lama diingat. Model pembelajaran yang dianggap tepat oleh peneliti adalah Guided Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicoba apakah model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran Guided Discovery. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-exsperimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar obsernasi aktivitas guru dan siswa . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Discovery didapat thitung > ttabel yaitu 19,43 > 2,68 pada taraf signifikan 95%, yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningktan hasil belajar peserta didik pada materi Momentum dan Tumbukan kelas XI SMAN 1 Indra Jaya. Aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Discovery diperoleh nilai dengan persentase 81,9 dan aktivitas siswa dengan persentase 82,5% dan tergolong dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nasrullah Idris, M.Si 2. Hafizul Furqan M.pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizka Leni Marlina
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:47
Last Modified: 13 Feb 2018 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item
View Item