Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Materi Organisasi Kehidupan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Fatimah Hilma, 280919417 (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Materi Organisasi Kehidupan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pendidikan dan Guru]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan dan Guru)
Fatimah Hilma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII2 SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh dalam proses pembelajaran biologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar). Faktor internal adalah faktor dari dalam diri siswa, sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan siswa. Adapun salah satu faktor eksternal yang membuat kurangnya motivasi belajar siswa dan siswa belum mampu mencapai hasil belajar yang ditetapkan adalah penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, hal ini membuat siswa bosan, tidak aktif dan kurang memahami materi yang diajarkan. Kurangnya motivasi belajar siswa juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada materi organisasi kehidupan. Rancangan penelitian yang dipakai yaitu one-shot case study dengan menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sampel dipilih sacara random sampling yaitu kelas VII2 dengan jumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Aktivitas belajar siswa tergolong tinggi pada pertemuan pertama dan sangat tinggi pada pertemuan kedua, sedangkan respon dari angket siswa adalah positif. Hasil perhitungan rumus persentase sebanyak 84.21% siswa berhasil mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples adalah positif sedangkan hasil belajar siswa telah mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendidikan: 1.Qudwatin Nisak M. Isa, S. Ag, S. Si, M.Ed 2.Nurasiah S. Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:31
Last Modified: 14 Feb 2018 08:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item
View Item