Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII di MTsN Kuta Baro

Mira Kamisna, 261324675 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII di MTsN Kuta Baro. Skripsi thesis, UIN Ar Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi mira kamisna.pdf]
Preview
Text
Skripsi mira kamisna.pdf

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting, namun berdasarkan penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kemampuan koneksi masih rendah sehingga harus diupayakan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran probing prompting. Model probing prompting adalah model pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran probing prompting dan yang diterapkan model pembelajaran konvensional? 2) Bagaiman pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran probing prompting? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan

koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting. Penelitian ini dilakukan di MTsN Kuta Baro pada Semester Genap Tahun Ajaran
2016/2017. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mixed methods dengan menggunakan embedded design (rancangan melekat), yaitu melakukan pengumpulan dan analisis data kualitatif secara bersama dengan data kuantitatif untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan koneksi matematis terbentuk melalui penerapan model pembelajaran probing prompting. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Kuta Baro yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel dipilih dua kelas secara acak dan terpilih kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis terbentuk. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Hasil penelitian dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa nilai signifikan
0,034<0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. Persentase ketercapaian indikator kemampuan koneksi kedua kelas berada pada kategori yang berbeda, pada kelas eksperimen ketiga indikator berada pada kategori sangat baik dan baik sedangkan kelas kontrol hanya menempati satu indikator untuk kategori baik dan dua lainnya menempati kategori kurang. Hal ini mengindikasikan bahwa ada pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting.
Kata Kunci : Model Probing Prompting, Koneksi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd 2. Susanti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Probing Prompting
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mira Kamisna
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:39
Last Modified: 15 Feb 2018 08:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item
View Item