Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Media Audio Visual pada Materi Virus terhadap Peningkatkan Hasil Belajar di Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah

Rina, 281324911 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Media Audio Visual pada Materi Virus terhadap Peningkatkan Hasil Belajar di Kelas X SMA Negeri 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentng Media Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentng Media Pembelajaran)
RINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA N 1 Bukit Kabupaten Bener meriah masih menggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, selama kengiatan pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru, guru menjelaskan materi, sementara siswa diam, bersikaf pasif dan hanya mendegarkan penjelasan dari guru, terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yakni 25% siswa yang mencapai nilai KKM. Permasalahan tersebut perlu dicari solusi, yaitu dengan mengembangkan model dan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan media Audio Visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Bukit Kabupaten Bener meriah pada materi Virus. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment pre-test dan post-test grup design. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes. Analisis data aktivitas mengunakan persentase dan hasil belajar menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05%. Berdasarkan penelitian bahwa hasil observasi aktivitas belajar siswa tergolong baik yaitu pada pertemuan pertama 80% dan pertemuan kedua 85%. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test yaitu 47,5 dan nilai rata-rata post test 77.00. hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 13,94 ≥ ttabel=1,71). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dan media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Eriawati, S. PdI, M.Pd; 2. Lina Rahmawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Virus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rina Wardah
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:42
Last Modified: 20 Feb 2018 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item
View Item