Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Every One Is A Teacher Here dan Media Gambar pada Materi Struktur dan Fungsi JaringanTumbuhan Kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh

Zaitun Rahmi MZ, 281324931 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Every One Is A Teacher Here dan Media Gambar pada Materi Struktur dan Fungsi JaringanTumbuhan Kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang penerapan model pembelajaran dan media gambar]
Preview
Text (membahas tentang penerapan model pembelajaran dan media gambar)
skripsi untuk pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D (Zaitun).pdf]
Preview
Text
From B dan From D (Zaitun).pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh cenderung rendah saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini dapat mempengaruhi pada pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Every One Is A Teacher Here dan Media Gambar pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas VIII3. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling Teknik pengambilan data aktivitas belajar dilakukan dengan observasi langsung, sedangkan hasil belajar siswa dengan mengunakan test. Analisis data aktivitas belajar menggunakan Rating Scale dan persentase, sedangkan hasil belajar menggunakan kriteria ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan I termasuk kategori baik (74,38%) dan pada pertemuan II menjadi sangat baik (81,70%). Hasil belajar siswa menunjukkan secara individual sebanyak 90% siswa tuntas dan 10% siswa tidak tuntas, sedangkan secara klasikal hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 91%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Every One Is A Teacher Here dan Media Gambar pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Samsul Kamal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: zaitun rahmi
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:00
Last Modified: 26 Feb 2018 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item
View Item