Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MTsN Tungkob

Irviana Anggraini, 281223163 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MTsN Tungkob. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Irviana Anggraini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pada pembelajaran biologi yang tepat akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran. Selain membangkitkan aktivitas dan hasil belajar siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman dan mudah menerima informasi baru. Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dan media audio visual merupakan salah satu model pembelajaran dari sekian banyak model pembelajaran aktif yang dapat dijadikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN Tungkob yang berjumlah 7 kelas dengan sampel siswa kelas VIII6 dan VIII7 menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen tergolong aktif yaitu 70,2%, sedangkan aktivitas siswa di kelas kontrol tergolong cukup aktif yaitu 54,4%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (3,98>1,99) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan media audio visual pada materi sistem pernapasan manusia di MTsN Tungkob lebih baik dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Samsul Kamal, M. Pd 2.Eva Nauli Taib, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Media Audio Visual, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 23 Feb 2018 09:15
Last Modified: 23 Feb 2018 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item
View Item