Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Creative Problem Solving (Cps) Siswa Man 2 Banda Aceh

Nazratul Zikra, 261161416 (2016) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Creative Problem Solving (Cps) Siswa Man 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Membahas tentang Matematika] Text (Membahas tentang Matematika)
NAZRATUL ZIKRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang melatih siswa agar dapat berpikir kritis, keratif, logis, sistematis, dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran matematika di sekolah tidak terlepas dari masalah yang ada didalamnya, termasuk kejenuhan dalam proses belajar. Hal tersebut disebabkan pembelajaran matematika di sekolah tersebut masih terpusat pada guru menyebabkan pembelajaran matematika tidak memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum penerapan model pembelajaran CPS dan pembelajaran langsung? (2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran CPS? (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antar siswa yang diterapkan model pembelajaran CPS dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Banda Aceh. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata tingkat kemampuan kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum penerapan model pembelajaran CPS adalah terdapat 19% siswa termasuk kategori kurang kreatif, 58% siswa termasuk kategori cukup kreatif dan hanya 23% siswa termasuk kategori kreatif. Sedangkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum penerapan model pembelajaran langsung adalah 15% siswa termasuk kategori kurang kreatif, 70% siswa termasuk kategori cukup kreatif, dan 15% siswa termasuk kategori kreatif. (2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran CPS sudah mulai meningkat. Pada tahap ini terdapat 8% siswa termasuk kategori kurang kreatif, 8% siswa termasuk kategori cukup kreatif, 42% siswa termasuk kategori kreatif, dan 42% siswa termasuk kategori sangat kreatif. (3) Dari hasil analisis data diperoleh nilai (sig.2-tailed) dengan uji-t dua pihak adalah 0,005. Karena pada pengujian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan uji-t satu pihak maka digunakan nilai (sig.1-tailed). Untuk mendapatkan nilai (sig.1-tailed) maka nilai (sig.2-tailed) dibagi 2 sehingga diperoleh nilai (sig.1-tailed) adalah 0,0025. Nilai 0,0025< 0,05. Dengan demikian Hipotesis nihil (Ho) ditolak yang berarti Hipotesis aternatif (H1) diterima. Oleh karena itu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CPS lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model CPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-3 MAN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd 2. Yassir, S.Pd.I., S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreatif, Matematis,Kuadrat,Creative Problem Solving
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:11
Last Modified: 26 Feb 2018 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2640

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item