Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Teks Dongeng dengan Membaca Indah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN 22 Aceh Besar

Elsa Anggriliana, 201325051 (2017) Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Teks Dongeng dengan Membaca Indah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan)
ELSA ANGGRILIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa terdiri atas empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Proses pembelajaran membaca yang hanya berpusat pada guru, menjadikan siswa kurang aktif dan terlihat jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebagian siswa hanya mampu membaca saja dan hanya mendengar namun tidak memahami apa yang telah dibaca serta yang didengar. Sebagian besar siswa kelas III MIN 22 Aceh Besar masih kurang mampu dalam memahami isi bacaan teks dongeng dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan teks dongeng serta melihat aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 22 Aceh Besar yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan memahami isi bacaan teks dongeng dengan membaca indah mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata berdasarkan hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 3.29 dengan kategori baik, sedangkan siklus II adalah 3.76 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 3.36 dengan kategori baik dan siklus II adalah 3.84 dengan kategori sangat baik. sedangkan persentase nilai tes akhir siswa pada siklus I adalah 38,09% dengan kategori kurang dan siklus II adalah 89,47% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian metode membaca indah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan teks dongeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Memahami, Teks Dongeng, Membaca Indah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elsa Anggriliana
Date Deposited: 01 Mar 2018 05:20
Last Modified: 01 Mar 2018 05:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2648

Actions (login required)

View Item
View Item