Teknik Komunikasi Bidan Desa dengan Masyarakat tentang Pelayanan Kesehatan di Desa Kareung Ateuh

Rezki Aulia Roza, 411307109 (2018) Teknik Komunikasi Bidan Desa dengan Masyarakat tentang Pelayanan Kesehatan di Desa Kareung Ateuh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Teknik Komunikasi Bidan Desa dengan Masyarakat mengenai Pelayanan Kesehatan]
Preview
Text (Membahas Tentang Teknik Komunikasi Bidan Desa dengan Masyarakat mengenai Pelayanan Kesehatan)
REZKI AULIA ROZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul”Teknik Komunikasi Bidan Desa Dengan Masyarakat Tentang Pelayanan Kesehatan Di Desa Kareung Ateuh”. Teknik komunikasi adalah cara atau seni penyampaian suatu pesan yang dilakukan komunikator dengan sedemikian rupa, sehingga menimbulkan dampak tertentu kepada komunikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimana teknik komunikasi bidan desa dengan masyarakat tentang pelayanan kesehatan. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasi bidan desa dengan masyarakat tentang pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi bidan desa dengan masyarakat tentang pelayanan kesehatan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasi bidan desa dengan masyarakat tentang pelayanan kesehatan. Di dalam membahas penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan mewawancarai bidan yang bertugas di Polindes dan beberapa orang dari masyarakat desa Kareung Ateuh. Dari penelitian yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa bidan melakukan proses komunikasi dengan masyarakat melalui pendekatan dengan obrolan ringan terlebih dahulu. Adapun teknik yang digunakan oleh bidan yaitu pertama, teknik manusiawi melalui pendekatan dengan membuka obrolan ringan sebelum melakukan tindakan pengobatan, menanyakan kabar dan apa keluhan pasien. Kedua, informatif dimana bidan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara berulang-ulang apa manfaat dan resiko apabila tidak mengikuti yang dianjurkan, seperti imunisasi, dan tidak melahirkan pada dukun gampong. Ketiga, persuasif upaya membujuk masyarakat dengan cara halus untuk mau berpartisipasi pada program-program yang dilaksanakan oleh bidan di Polindes. Faktor pendukung teknik komunikasi bidan dengan masyarakat adalah terjalinnya hubungan yang baik di antara bidan dan masyarakat, jalinan hubungan yang baik antara bidan dengan masyarakat dibangun hanya dari sebagian yang dikenal bidan sehari-hari, dalam pelayananpun apabila bidan melayani pasien yang ia kenal baik maka cara melayaninya cukup ramah. Namun berbeda dengan pasien yang tidak memiliki jalinan hubungan yang cukup dekat dengan bidan, maka cara bidan melayaninyapun biasa saja sebatas pasien dengan bidan. Dan lokasi Polindes yang strategis memudahkan akses berobat masyarakat. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu antara bidan dengan masyarakat karena bidan tidak tinggal di Polindes, kesibukan masyarakat yang setiap harinya kesawah, dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam setiap program yang dilaksanakan bidan. Serta prasarana yang tidak memadai,dan kurangnya obat-obatan di Polindes desa Kareung Ateuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Zainuddin T, M. Si 2.Fajri Chairawati, S. Pd. I, M.A
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Teknik Komunikasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: 411307109 Rezki Aulia Roza
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:57
Last Modified: 05 Mar 2018 07:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item
View Item