Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Ayu Verawati, 261222939 (2017) Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran, Pendidikan]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran, Pendidikan)
AYU VERAWATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika dan dalam bidang lainnya merupakan bagian ketrampilan hidup yang perlu dikembangkan terutama dalam menghadapi era informasi dan suasana bersaing semakin ketat, Realita yang terjadi pada pembelajaran matematika masih terbiasa dengan urutan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut : (1) diajarkan teori/definisi/teorema; (2) diberikan contoh-contoh; (3) diberikan latihan soal. Dengan kondisi yang demikian, kemampuan kreatif siswa kurang berkembang karena siswa kurang memahami masalah yang mengakibatkan tidak mampu menyelesaikan suatu permasalahan oleh karena itu hanya 30% siswa yang memenuhi kemampuan berpikir kreatif dan 70% siswa tidak memenuhi kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan penerapan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvesional. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK-SMTI Banda Aceh, dan sampel yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan XE sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, karena data berpikir kreatif merupakan data ordinal, maka terlebih dahulu data tersebut dikonversikan ke data interval dengan menggunakan MSI( Method of successive Interval), kemudian di analisis dengan menggunakan berbantuan software SPSS 18. Hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMK-SMTI Banda Aceh yang diajarkan melalui pendekatan Open-Ended lebih baik daripada kelas yang diajarkan dengan pendekatan konvesional. Hal ini berdasarkan hasil uji
Independent Sample Test diperoleh bahwa nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000 <
0,05. Selain itu, berdasarkan uji One Sample Test dapat disimpulkan bahwa
kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pada materi relasi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai sig (2-tailed) adalah 0,001 dengan α = 0,05 ternyata nilai sig. (2-tailed) < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Pendekatan Open-Ended
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Verawati
Date Deposited: 02 Mar 2018 04:57
Last Modified: 02 Mar 2018 04:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item
View Item