Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Belajar Sisa pada Materi Optika Geometris Kelas X MAN Darussalam

Tiara Mustika Wardani, 251324451 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Belajar Sisa pada Materi Optika Geometris Kelas X MAN Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
TIARA MUSTIKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi lapangan, guru sudah menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kreativitas belajar Fisika siswa yang cenderung masih rendah dan masih dapat ditingkatkan lagi, namun pada hal ini guru bukannya gagal dalam menerapkan model dan metode tersebut, hanya saja ada beberapa sintaks ataupun proses yang tertinggal pada saat proses pembelajaran Fisika berlangsung. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya model pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini pre-eksperimen, sedangkan desainnya adalah One Group Pretest-Posttest design yang dilaksanakan di MAN Darussalam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN Darussalam semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas X MIA2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan rubrik kreativitas belajar siswa. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20 Version for windows, dimana thitung > ttabel yaitu 26,8977 > 1,70, maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbeda secara signifikan, artinya terjadi peningkatan pada kreativitas belajar siswa. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pernyataan positif yang menjawab setuju 53,71% dan sangat setuju 45,37% terhadap pernyataan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Optika Geometris dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas X MAN Darussalam. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Optika Geometris dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Misbahul Jannah, M.Pd.,PhD; 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PjBL, kreativitas belajar, dan optika geometris.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Tiara Mustika Wardani
Date Deposited: 01 Mar 2018 09:22
Last Modified: 01 Mar 2018 09:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item
View Item