Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia pada Materi Tekanan Zat Cair untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tangse

Ida Rosyida, 251324473 (2017) Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia pada Materi Tekanan Zat Cair untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tangse. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of From Gabung B dan D.pdf]
Preview
Text
From Gabung B dan D.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 1 Tangse masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik, pendidik kurang melibatkan peserta didik secara efektif dalam pembelajaran, juga pendidik bukan tidak menggunakan media, namun media yang digunakan masih kurang tepat. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar dan respon peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan multimedia pada materi tekanan zat cair kelas VIII di SMP Negeri 1 Tangse. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pretest-posttest control grup design, dengan sampel kelas eksperimen VIII-D dan kelas kontrol VIII-A. Pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik setelah digunakan model PBL berbantuan multimedia didapat thitung> ttabel yaitu 3,238 > 1,684. (2) Respon peserta didik terhadap model PBL berbantuan multimedia dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model PBL berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra.Ida Meutiawati, M.Pd; 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PBL, Multimedia, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ida Rosyidaa
Date Deposited: 07 Mar 2018 09:33
Last Modified: 07 Mar 2018 09:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item
View Item