Cut Sri Kumala Dewi, 201325125 (2018) Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pkn di Kelas Iv Min 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Form B dan Form D.pdf
Download (232kB) | Preview
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Belajar PKn siswa harus mampu banyak berbicara dan mempunyai pemahaman yang tinggi agar siswa lebih dapat memahami materi yang telah diajarkan dan membuat siswa harus berani dalam memaparkan suatu pendapat yang diketahuinya. Nyatanya siswa jarang ada yang mau bicara saat belajar mengajar terlaksana, kuranganya kemampuan berbicara siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, kurangnya keterampilan berbicara siswa disebabkan ketika siswa mengungkapkan ide, pikiran, pendapat, bertanya dan menyampaikan perasaannya ketika menyampaikan pendapat mereka kurang berani karena takut di tertawai oleh teman oleh karena itu mereka jarang menyampaikan pendapat dan bertanya. maka penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan model belajar Talking Stick (Tongkat Berbicara). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model Talking Stick (Tongkat Berbicara) di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pembelajaran PKn dengan menggunakan model Talking Stick (Tongkat Berbicara) di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-4 MIN 20 Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 41 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal post-test hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor 85,57% kategori baik sekali, meningkat pada siklus II dengan skor 87,00% kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 85,22% kategori baik sekali, pada siklus II diperoleh skor 94,04% dengan kategori baik sekali. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Talking Stick dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pe,bimbing: 1.Dr. Saifullah, M. Ag 2.Drs. Ridhwan, M. Daud, M. Ed |
Uncontrolled Keywords: | Model Talking Stick, hasil belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Cut Sri Kumala Dewi |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 04:17 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 04:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2705 |