Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pare Share pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di Min Lhoknga Aceh Besar

Linda Sari, 201325142 (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pare Share pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di Min Lhoknga Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Ketrampilan Bebicara]
Preview
Text (Membahas tentang Ketrampilan Bebicara)
Linda Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (925kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN Lhoknga Aceh Besar, penulis melihat masalah kemampuan berbicara siswa masih kurang efektif. Kuranganya kemampuan berbicara siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, kurangnya keterampilan berbicara siswa disebabkan ketika siswa mengungkapkan ide, pikiran, pendapat, bertanya dan menyampaikan perasaannya ketika menyampaikan pendapat mereka kurang berani karena takut di tertawai oleh teman oleh karena itu mereka jarang menyampaikan pendapat dan bertanya. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model think pair share. Maka telah dilakukan penelitian tentang peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model think pair share pada subtema teks bacaan hubungan makhluk hidup dengan ekosistem kelas V MIN Lhoknga Aceh Besar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran think pair share dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Lhoknga Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif think pair share dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Lhoknga Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 66% dalam kategori cukup siklus II memproleh nilai 79, 80% dalam kategori baik dan siklus III meningkat dengan nilai 91,66 % dalam kategori baik sekali.(2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 56, 25% dalam kategori kurang, siklus II memperoleh nilai 75 % dalam kategori baik dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 80,20 % berada dalam kategori baik sekali. (3) hasil tes kemampuan berbicara siswa pada siklus I sebesar 52, 77%, siklus II 63, 88% meningkat pada siklus III menjadi 88, 88% siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V MIN Lhoknga Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr. M. Nasir Budiman, MA 2.Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan dan Model Think Pair Share Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Linda Sari
Date Deposited: 08 Mar 2018 04:05
Last Modified: 08 Mar 2018 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item
View Item