Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 “Diriku” Kelas 1 MIN 6 Nagan Raya

Dwinda Purnama Sari, 201325140 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 “Diriku” Kelas 1 MIN 6 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Dwinda Purnama Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas I MIN 6 Nagan Raya yang kurangnya minat belajar siswa dan motivasi yang membuat siswa terganggu di saat proses belajar. Penerapan model Problem Based Learning menjadi salah satu untuk dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya pada tema “diriku” subtema “aku merawat tubuhku” di kelas 1 MIN 6 Nagan Raya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning pada tema “diriku” untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 1 MIN 6 Nagan Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada tema “diriku”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 24 siswa dengan KKM individual 70 dan klasikal 80%, sedangkan pengumpulan data menggunakan: observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I yaitu 68,7%, dan meningkat pada siklus II yaitu 78,1%, dan pada siklus III yaitu 96,8%. (2) aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,7%, meningkat pada siklus II yaitu 78,1%, dan meningkat pada siklus ke III yaitu 98,4%. (3) hasil belajar siswa siklus I yaitu 45,8%, meningkat pada siklus II 70,8%, dan meningkat pada siklus III 95,8% . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada tema tersebut kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim RCL, S.H., M.Ag 2.Nida Jarmita, S.Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Leraning, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwinda Purnama Sari
Date Deposited: 07 Mar 2018 09:46
Last Modified: 07 Mar 2018 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item
View Item