Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching di SMPN 1 Blangkejeren

Mariana, 261222930 (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching di SMPN 1 Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
MARIANA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of FORM.pdf]
Preview
Text
FORM.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi himpunan. Himpunan merupakan salah satu materi matematika yang penting dikuasai oleh siswa SMP/MTs. Dari hasil observasi yang penulis lakukan di SMPN 1 Blangkejeren, menunjukan materi himpunan yang diajarkan masih mengalami kesulitan dan hasil belajar yang tidak optimal. Solusi yang akan peneliti lakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki empat strategi yaitu: merangkum/meringkas, membuat pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan dan memprediksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan dua siklus setiap siklus terdapat dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan Post Test. Teknik analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria keefektifan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal belum mencapai ketuntasan yaitu sebanyak 71,87%. Pada siklus II, ketuntasan siswa secara klasikal termasuk dalam kategori tuntas dengan persentase 87,5% dan hasil Post Test siswa mencapai ketuntasan sebesar 90,62%. Data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori sangat baik, aktivitas siswa selama pembelajaran pada umumnya aktif. Berdasarkan hal demikian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi himpunan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd; 2. Kamarullah , S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Reciprocal Teaching, Materi Himpunan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mariana Ana
Date Deposited: 21 Jun 2018 08:27
Last Modified: 21 Jun 2018 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item
View Item