Pengaruh Penggunaan Model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII di MAN 4 Aceh Besar

Zilla Phonna, 251324433 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Keterampilan, Sains]
Preview
Text (Mengenai tentang Keterampilan, Sains)
Zilla Phonna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of From B dan D Zilla.pdf]
Preview
Text
From B dan D Zilla.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPA fisika khususnya materi Gelombang Bunyi di MAN 4 Aceh Besar, ditemukan bahwa pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif tentang gelombang bunyi, tetapi belum memfokuskan bagaimana melatih keterampilan proses sains (KPS) peserta didik. Pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari pendidik ke peserta didik (teacher oriented). Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan peserta didik kurang dalam keterampilan proses sains. Salah satu solusi yang dapat melatih KPS adalah model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap KPS dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, yang melibatkan kelas kontrol XII IPA2 yang berjumlah 28 siswa/i dan kelas eksperimen XII IPA1 yang berjumlah 26 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket . Data hasil tes dianalisis dengan mengguanakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 4,61 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model POE terhadap KPS peserta didik, hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) pada materi gelombang bunyi menunjukkan hasil positif dan dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M.Chalis, M.Ag; 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Predict -Observe -Exsplain (POE), Gelombang Bunyi, Keterampilan Proses Sains (KPS)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zilla Phonna
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:51
Last Modified: 07 Mar 2018 08:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item
View Item