Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Zat dan Wujudnya di Kelas VII SMPN 18 Banda Aceh.

Lismanizar, 251222777 (2017) Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Zat dan Wujudnya di Kelas VII SMPN 18 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan, Tingakatan Belajar]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan, Tingakatan Belajar)
LIZMANIZAR PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf] Text
From B dan From D.pdf

Download (614kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMPN 18 Banda Aceh terlihat bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar fisika dan kurang menguasai konsep. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru, sehingga berpengaruh pada nilai akhir siswa yang rendah dan belum mencapai KKM yaitu 75%. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk mengatasi kondisi pembelajaran tersebut, salah satu caranya dengan memilih Metode Demonstrasi dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Konsep Zat dan Wujudnya di kelas VII SMPN18 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 18 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas VII2 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t untuk menguji perbedaan hasil belajaruntuk melihat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis t terdapat perbedaan yang signifikan thitung> ttabel adalah terima Ha: μ_1>μ_2. Pengujian hipotesis diperoleh thitung = 16,59> ttabel = 1,67 dengan demikian Ha diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Zat dan wujudnya di kelas SMPN 18 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Lina Rahmawati, M.Si 2. Pembimbing II : Fera Annisa M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengaruh MetodeDemonstrasi dengan Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa, dan Zat dan Wujudnya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Lisma Nizar
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:10
Last Modified: 09 Mar 2018 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item
View Item