Nur Fahresi, 411206652 (2018) Etika Komunikasi Bisnis dalam Al-Quran (Kajian terhadap Ayat-ayat Muamalah dalam Tafsir Al-Mishbah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nur Fahresi PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Al-Quran merupakan rujukan bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan. Karena di dalam Al-Quran terdapat banyak sekali pelajaran bagi umat Islam dalam bersosialisasi dengan umat Islam lainnya. Al-Quran juga mengajarkan tentang bermuamalah seperti bagaimana cara mencari harta dan memeliharanya, yakni dengan jalan perniagaan atau berbisnis serta etika-etika komunikasi dalam berbisnis. Dengan demikian maka di dalam Al-Quran telah terkandung semua aspek ajaran tentang kehidupan. Penelitian dengan judul “Etika Komunikasi Bisnis Dalam Al-Quran Kajian Terhadap Ayat-ayat Muamalah Dalam Tafsir Al-Mishbah” dengan tujuan untuk memaparkan ayat-ayat yang berkenaan dengan etika komunikasi bisnis di dalam Al-Quran, mengetahui bagaimana penafsiran ayat-ayat tersebut menurut pengarang tafsir Al-Mishbah serta etika apa saja yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Al-Quran yang merujuk pada Ensiklopedian Al-Quran dan Tafsir Al-Mishbah karangan M. Quraish Shihab. Sumber data lainnya (sekunder) diperoleh melalui buku-buku yang ditemukan di perpustakaan serta jurnal-jurnal yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sangat banyak ayat-ayat yang memaparkan tentang etika komunikasi bisnis di dalam Al-Quran. Yakni, terdapat 21 surat dan 43 ayat. Yang mana ayat-ayat tersebut menjelaskan tentang bagaiamana seharusnya komunikasi bisnis itu dilakukan dalam proses transaksi bisnis dengan etika-etika yang terkandung di dalamnya, seperti etika yang menfokuskan pada pesan-pesan Ilahiyah, menghindari transaksi riba, mengandung sikap murah hati, berlaku jujur, tanggung jawab dan adil, serta yang terakhir kerja dab tidak meminta-minta. Kemampuan memahami etika-etika tersebut akan menuntut manusia kepada komunikasi yang lebih efektif dalam proses transaksi bisnis. Sehingga, bisnis dapat berjalan lancar dan komunikasi yang terjadi dapat dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Drs. H. A. Karim Syeikh, M. A. 2.Dr. Abizal M. Yati, Lc. M. A. |
Uncontrolled Keywords: | Etika Komunikasi Bisnis, Al-Quran, Tafsir Al-Mishbah |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Nur Fahresi |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 07:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 07:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2846 |