Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Di SDN 2 Pagar Air

Mukhlis, 210616437 (2018) Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Di SDN 2 Pagar Air. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Al-Qur'an Hadist di SDN 2 Pagar Air] Text (Pembelajaran Al-Qur'an Hadist di SDN 2 Pagar Air)
Mukhlis. A Skripsi.doc - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Qur’an Hadist merupakan sumber hukum Islam yang menjadi petunjuk beserta pedoman hidup bagi umat manusia, baik yang berhubungan dengan Allah SWT maupun yang berhubungan dengan sesame manusia dan Alam sekitarnya. Pembelajaran Qur’an Hadist menjadi suatukebutuhan mutlak yang harus dipelajari, dan dikembangkan sejalan dengan tuntutan Agama Islam serta harus dikelola sesuai denga tujuan Pembelajran itu sendiri secara tertib, efektif dan efesien, sehingga apa yang diharapkan tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apa saja dalam Pembelajaran Qur’an Hadist Di SDN 2 Pagar Air, untuk mengetahui Metode, Proses Pembelajaran dan hambatan-hambatan apa saja dalam proses Pembelajaran Qur’an Hadist .Penelitian ini menggunakan dua penelitian yaitu : Library Reseach, tehnik ini merupakan tehnik yang dilakukan sebelum meneliti kelapangan, guna untuk mendalami berbagai teori yang dapat membantu dalam mengadakan penelitian dan juga menelaah bermacam-macam teori yang dikemukakan oleh para ahli yang berhubungan dengan bidang yang diteliti. Field Reseach, pendekatan ini untuk mengumpulkan data-data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian dengan menggunakan observasi, angket dan wawancara. Pengolahan data dalam skripsi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Qur’an Hadist pada siswa SDN 2 Pagar Air dari hari kehari makin meningkat, kemudian cara pembinaan yang diterapkan di SDN 2 Pagar Air adalah dengan cara pembinaan secara langsung, dimana keterlibatan para guru dituntut keterlibatan secara aktif dan keseluruhan, namun proses pembinaan masih kurang maksimal, hal ini dikarenakan lemahnya dukungan orang tua terhadap pentingnyaDunia pendidikan dasar bagi anak, waktu yang sangat minim untuk pelajaran Qur’an Hadist, dan siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Drs.Umar Ali Aziz, MA 2.Drs. Nurdin Mansur, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Al-Qur'an, Hadist
Subjects: 200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 2844 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 08:22
Last Modified: 21 Jun 2018 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item
View Item