Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan

Erlinda Putri, 201325213 (2017) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan, Metode]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan, Metode)
ERLINDA PUTRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar seharusnya guru memberikan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan materi, supaya siswa lebih terangsang untuk berfikir dan lebih aktif, sehingga yang lebih aktif di kelas adalah siswa, guru hanya sebagai fasilitator saja, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran IPA. Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa MIN 17 Aceh Selatan yang berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan (1) Lembar aktivitas guru, (2) Lembar aktivitas siswa, (3) soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian ini diperoleh presentase (1) Aktivitas guru siklus I sebesar 72,22% berada pada katagori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 97,22% (katagori baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada siklus I 67,18% berada pada katagori baik dan meningkat pada siklus II 90,62% (katagori baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 85% katagori baik sekali, dan meningkat pada siklus II sebesar 100% (katagori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV MIN 17 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M.Ag; 2. Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erlinda Putri
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:58
Last Modified: 15 Mar 2018 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item
View Item