Permasalahan Pembelajaran mendengarkan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Deskriptif dan Analisis)

Ema Yulia, 221222611 (2018) Permasalahan Pembelajaran mendengarkan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Deskriptif dan Analisis). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Bahasa Arab]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Bahasa Arab)
Ema Yulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Pelajaran mendengarkan adalah menerima suara yang sampai ke telinga dengan penuh perhatian danmerupakan salah satu proses komunikasi linguistik pengguna bahasa. Di Jurusan Pengajaran Bahasa Arab, mahasiswa belajar Istima’ (mendengarkan) terdiri dari dua tingkatan, dan mata kuliah ini dianggap penting di Jurusan Bahasa Arab berdasarkan pengamatan bahwa mahasiswa Prodi Bahasa Arab merasa sulit untuk mendengarkan rekaman audio dan tidak dapat mengembangkannya kedalam percakapan, Mereka menemukan kesulitan untuk membedakan huruf yang didengar, penggunaannya untuk kehidupan sehari-hari dan kadang tersalah dalam memahami apa yang didengar, sebaliknya mahasiswa mudah memahami apa yang mereka dengar dari dosen mereka di Indonesia. berdasarkan masalah ini, peneliti ingin mengkaji dan mengidentifikasi masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam mendengarkan serta mempelajari upaya mahasiswa untuk mengatasi permasalahan yang mereka hadapi dan selanjutnya mengetahui pandangan dosen untuk memecahkan masalah tersebut dalam pembelajaran mendengarkan. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan ini adalah metode deskriptif dan analisis, maka untuk mengumpulkan data Peneliti menggunakan wawancara dan kuesioner, Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab pada semester kelima yang masuk tahun ajaran 2015 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Ar-raniry di Darussalam, Banda Aceh. Jumlah mahasiswa adalah 165, dan sampelnya diambil 40 mahasiswa. Hasil penelitian yang ditemukan adalah mahasiswa dalam pengajaran mendengarkan terasa kurangnya kekayaan linguistik dan kurangnya penguasaan kosakata sulit untuk memahami audio dan mengaudit suara pembicara aslim.Usaha mereka untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mencari kosa kata yang sulit dalam kamus. sementara usaha dosen untuk memecahkan masalah dalam mendengarkan adalah dengan menyediakan bahan referensi untuk memperkaya pelajaran yang dapat dihafal oleh mahasiswa di rumah dan meminta mereka untuk bertanggung jawab di luar jam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs.Usman Husein, MA 2.Safariah, MA
Uncontrolled Keywords: istima', komunikasi linguistik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ema Yulia
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:11
Last Modified: 13 Mar 2018 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item
View Item