Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar

Bustamin, 201121742 (2016) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Audio Visual)
Bustamin 201121742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Fom D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Fom D.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Latar belakang dari penelitian ini adalah guru sangat kurang menggunakan media audio visual dalam konsep IPS. Semestinya pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting, menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual, aktivitas siswa dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual di kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar, hasil belajar siswa kelas IV MIN Lambaro dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual, aktivitas siswa dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual di kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar, hasil belajar siswa kelas IV MIN Lambaro dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Lambaro Aceh Besar mulai tanggal 07 dan tanggal 11 Januari 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian ini meliputi soal, aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual di kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar baik yakni terjadinya peningkatan aktivitas belajar pada setiap tahapan belajar, di mana pada siklus I rata-rata aktivitas guru mengalami 3,13% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,66% dengan menggunakan media audio visual. Aktivitas siswa dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual di kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar menunjukkan bahwa aktivitas siswa juga baik, hal ini terlihat dengan terjadinya peningkatan aktivitas siswa dari 2,93% menjadi 3,73% dengan menggunakan media audio visual. Hasil belajar siswa kelas IV MIN Lambaro dalam pembelajaran konsep IPS dengan menggunakan media audio visual menjadi meningkatkan dari 45,90% menjadi 86,06% siswa yang sudah tuntas belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Mawardi, M.Pd 2.Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media, Audio Visual, Konsep IPS
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bustamin Bustamin
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:51
Last Modified: 21 Mar 2018 04:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item
View Item