Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Prestasi Kerja Guru di MTsN 3 Bener Meriah

Yusmanila, 271324740 (2018) Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Prestasi Kerja Guru di MTsN 3 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Peran Kepala Sekolah]
Preview
Text (Mengenai tentang Peran Kepala Sekolah)
YUSMANILA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D.pdf]
Preview
Text
Form B dan D.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Seorang kepala sekolah dalam organisasi sangat dibutuhkan membawa pada tujuan organisasi yang telah ditetapkan, fungsinya sebagai penanggung jawab sekolah. pembinaan prestasi kerja guru merupakan hal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga pendidikan. oleh karena itu peran kepala sekolah sangat penting untuk membantu guru agar lebih profesional dalam bekerja. akan tetapi dalam pelaksanaan pembinaan prestasi kerja guru masih banyak kekurangan yang timbul, seperti: kurangnya pengawasan kedisiplinan guru, pengelolaan kerja guru dan pembagian tugas guru hal ini terlihat belum adanya diperoleh guru teladan dan guru berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah, strategi kepala sekolah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan prestasi kerja guru. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. subjek penelitian adalah kepala sekolah dan empat orang guru. data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pembinaan prestasi kerja guru dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi maupun keadaan guru agar pretasi kerja dapat tercapai, strategi yang dilaksanakan kepala sekolah dengan memberikan motivasi, pengembangan kreatifitas, mempercepat karir guru dan meningkatkan kesejahteraan guru yang belum terlaksana dengan maksimal karena dipengaruhi oleh pendapatan sekolah yang masih minin, faktor ekonomi sosial dan budaya. Faktor penghambat prestasi kerja guru: kurangnya fasilitas yang memadai, guru kurang mendukung dalam kegiatan pembinaan prestasi kerja guru, kurangnya tenaga ahli dalam pembinaan prestasi kerja guru. Faktor pendukung prestasi kerja guru: kepala sekolah senantiasa memberi arahan maupun dorongan terhadap guru yang memiliki kinerja terbaik dan guru biasa saja, sebagian guru sangat mendukung program pembinaan prestasi yang direncanakan oleh guru dan kepala sekolah, guru antusias dalam mengikuti pembinaan prestasi kerja guru guna pengembagan kopetensi, pengalam dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mumtazul Fikri, S.Pd.I., M.A; 2. Nurussalami, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Prestasi Kerja Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusmanila Aisyah
Date Deposited: 16 Mar 2018 04:02
Last Modified: 16 Mar 2018 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item
View Item