Nurul Hafla, 251324477 (2018) Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Melingkar di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Simeulue Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
NURUL HAFLA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
From B dan From D.pdf
Download (476kB) | Preview
Abstract
Metode tutor sebaya (peer teaching) merupakan salah satu metode yang baik untuk diterapkan pada sistem pembelajaran fisika. Dari hasil penelitian yang dilakukan di kelas X IPA SMA Negeri 1 Simeulue Tengah pada materi gerak melingkar dengan sampel kelas X IPA1 sebagai kelas kontrol dan X IPA2 sebagai kelas eksperimen, diperoleh peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Pada kelas eksperimen meningkat sebesar 17% dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibutikan dengan uji statistik yang menunjukkan bahwa t_(hitung )>t_tabel yaitu 4,08>1,68 untuk taraf signifikan 95%, sehingga hipotesis awal dapat diterima. Berdasarka data juga diperoleh jumlah kelulusan yg signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu 17 peserta didik kelas eksperimen dengan persentase 68% dinyatakan lulus KKM, sedangkan pada kelas kontrol terhitung hanya 4 peserta didik dinyatakan lulus KKM dengan persentase sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Samsul Bahri,M.Pd; 2. Hadi Kurniawan,M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching), Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurul Hafla |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 05:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 05:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2992 |