Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Strategi Pembelajaran Strategi REACT pada Siswa MTs/SMP

Ria Rimfani Musna, 261324560 (2018) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Strategi Pembelajaran Strategi REACT pada Siswa MTs/SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Komunikasi]
Preview
Text (Mengenai tentang Komunikasi)
RIA RIMFANI MUSNA.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi adalah suatu keterampilan penting dalam matematika. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu mengkomunikasikan gagasan, penalaran serta mampu menyusun bukti matematika dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Berdasarkan penelitian awal pada salah satu MTsN di Nagan Raya diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif dan inovatif serta mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan strategi pembelajaran REACT dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain Pretest Postest Equivalent Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Nagan Raya, sampel yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIS sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data peningkatan kemampuan komunikasi matematis dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,44 yang berkategori sedang dan pada kelas kontrol adalah 0,29 yang berkategori rendah. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 2,38>1,665. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 1 Nagan Raya yang diterapkan strategi pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Kemampuan menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata kedalam bahasa, simbol, ide, atau model matematika, siswa yang berkategorikan rendah menurun dari 93,55% menjadi 38,7%, sedangkan siswa yang berkategori tinggi meningkat dari 6,45% menjadi 61,2%. Kemampuan menjelaskan ide, situasi dan relasi matematis secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar, siswa yang berkategori rendah menurun dari 90,32% menjadi 41,9%, sedangkan siswa yang berkategori tinggi meningkat dari 9,68% menjadi 58,0%. Kemampuan menyimpulkan hasil dalam bentuk tertulis, siswa yang berkategori rendah menurun dari 54,84% menjadi 38,7%, sedang siswa yang berkategori tinggi meningkat dari 45,16% menjadi 61,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Ikhsan, M. Pd; 2. Dr. M. Duskri, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, REACT
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ria Rimfani Musna
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:26
Last Modified: 21 Mar 2018 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item
View Item