Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) pada Siswa MTsN 1 Banda Aceh

Zia Anjelina, 261324554 (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) pada Siswa MTsN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang  Pengembangan Modul]
Preview
Text (Mengenai tentang Pengembangan Modul)
ZIA ANJELINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi bentuk aljabar disebabkan kurang pemahaman konsep dan kesulitan siswa dalam mengidentifikasi proses penyelesaian permasalahan bentuk aljabar. Hal ini juga didukung kurangnya ketersediaan buku teks yang berkualitas. Sehingga diperlukan pengembangan terhadap bahan ajar. Salah satu bahan ajar tersebut adalah modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul bentuk aljabar berbasis ICARE yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu research and development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE yaitu tahap pertama, analisis kebutuhan dan analisis karakter peserta didik. Tahap kedua, desain meliputi rancangan isi modul dan menyusun teks. Tahap ketiga, pengembangan bahan ajar awal, validitas ahli dan revisi produk. Tahap keempat, implementasi produk (modul) yang diikuti 33 peserta didik kelas VII7 sebagai kelas uji coba dan pengisian angket respon siswa. Tahap kelima, evaluasi semua tahapan dan revisi berdasarkan hasil evaluasi tersebut hingga mendapatkan produk akhir. Pengembangan modul berbasis ICARE yaitu Introduction meliputi latar belakang, tujuan pembelajaran, garis besar materi, Connection meliputi pertanyaan tentang materi operasi bentuk aljabar, Application meliputi permasalahan matematika yang diselesaikan secara berkelompok, Reflection meliputi permasalahan matematika yang diselesaikan secara individual, Extension meliputi penguatan tentang materi operasi bentuk aljabar. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Berdasarkan tiga kriteria modul bentuk aljabar yaitu kevalidan modul berkualitas sangat valid dengan skor 4.04, kepraktisan modul berkualitas sangat praktis dengan skor 3.53, dan keefektifan modul sangat tinggi dengan skor 84,84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai modul pembelajaran berbasis ICARE pada materi bentuk aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, ADDIE, ICARE, Bentuk Aljabar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zia Anjelina
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:24
Last Modified: 26 Mar 2018 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item
View Item