Optimalisasi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN Cot Gue

Halimah, 211325002 (2018) Optimalisasi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN Cot Gue. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Fiqh]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Fiqh)
PDF GABUNG (HALIMAH).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Fiqh]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Fiqh)
FORM B dan D Halimah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (965kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana guru mengoptimalisasikan pembelajaran fiqih, serta apa saja kendala yang dihadapi serta upaya apa saja dalam mengatasi kendala-kendalanya. Guru adalah salah satu komponen pendidikan yang memegang peranan kunci dan keberhasilan sebuah pembelajaran, ia juga orang yang paling paham terhadap kondisi siswa, baik kemampuan maupun psikologis siswa. Sebagai insan terdidik guru dituntut memiliki beberapa kemampuan (kompetensi) dan kecakapan keahlian (profesional) Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses maupun hasil pembelajaran. Guru ketika mengajar harus memiliki kompetensi, bisa mendidik, profesional agar peserta didiknya terarah. Proses pembelajaran optimal akan berimplikasi terhadap peran dan fungsi guru sebagai sumber dan media pembelajaran terutama dengan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini bersifat kualitatif, field suscart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, dokumentasi, wawancara dan angket, data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajara fiqih di MAN Cot Gue sudah optimal meskipun ada sedikit kendala dalam proses pembelajarannya. Hal ini terundikasi dari respon positif siswa terhadap kegiatan pembelajaran fiqih sebanyak 15 siswa (93,75%). Kendala dalam hal ini bisa kita lihat dari ketersediaan buku paket, ruang praktek, fasilitas, rendahnya minat siswa dalam membaca buku referensi sebanyak 15 siswa (93,75%). Upaya yang dilakukan adalah mengadakan pengayaan bagi guru yang tidak mencapai target KKM, memberikan bimbingan tambahan, mengikutsertakan dalam workshop/pelatihan. Bagi siswa yang bermasalah di bimbing, di nasehati oleh yang berwewenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Raihan Putry, M. Pd 2. Muhajir, S.Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pembelajaran Fiqih, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halimah jamaludin
Date Deposited: 26 Mar 2018 04:41
Last Modified: 26 Mar 2018 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item
View Item