Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis ICARE (Intriduction, Connection, Application, Reflection, Extension) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP/MTs

Yusra Yani, 261324550 (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis ICARE (Intriduction, Connection, Application, Reflection, Extension) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Modul Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Modul Pembelajaran)
YUSRA YANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat di SMP Negeri 1 Teunom adalah masih terbatasnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam memperkaya pengalaman dan membangun pengetahuan siswa. Peneliti mencoba mengembangkan bahan ajar berbentuk modul pembelajaran berbasis ICARE yang dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis ICARE pada materi persamaan linear satu variabel yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 Tahap, yaitu tahap analysis meliputi analisis kebutuhan dan analisis karakter siswa. Tahap design meliputi rancangan format dan isi modul. Tahap development meliputi validasi ahli dan revisi produk 1.Tahap implementation ialah uji coba modul pada siswa kelas VIIa, tes dan pengisian angket respon siswa. Tahap evaluation meliputi evaluasi semua tahapan dan revisi untuk mendapatkan produk akhir. Pengembangan modul berbasis ICARE yaitu Introduction meliputi latar belakang, tujuan pembelajaran, garis besar materi, Connection yaitu menghubungkan materi persamaan linear satu variabel dengan materi prasyarat, Application meliputi permasalahan matematika yang diselesaikan secara berkelompok, Reflection meliputi permasalahan matematika yang diselesaikan secara individual, Extension meliputi penguatan tentang materi persamaan linear satu variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, observasi, angket dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan modul, observasi dan pemberian angket dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kepraktisan dari modul, sedangkan hasil tes untuk melihat keefektifitas modul. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa modul pembelajaran berbasis ICARE pada materi persamaan linear satu variabel.(1) berdasarkan penilaian dari validator, modul yang disusun peneliti termasuk katagori valid dengan skor 3.88.(2)berdasarkan angket respon siswa dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara langsung, modul dapat dikatakan praktis untuk digunakan.(3)Persentase skor hasil belajar siswa pada tahap akhir pembelajaran yaitu rata-rata 80.95%, sehingga dapat disimpulkan modul ini efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Zainal Abidin, M.Pd; 2. Lasmi,S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, Modul Pembelajaran Berbasis ICARE Valid, Praktis dan Efektif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yusra Yani Azizah
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:44
Last Modified: 27 Mar 2018 08:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item
View Item