Fitria Rahmah, 251324482 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN 2 Aceh Barat Kelas X pada Materi Gerak Melingkar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Fitria Rahmah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (403kB) | Preview
Abstract
Bertambahnya minat siswa dengan terlibat aktif dalam proses pembelajaran akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Akan tetapi, siswa sering menganggap bahwa pelajaran fisika sulit sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran fisika. Pemilihan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dikarenakan STAD dapat mengaktifkan dan menumbuhkan minat siswa. Sehingga penggunaan STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi Gerak Melingkar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Aceh Barat Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X SAINS2 dan kelas X SAINS1. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Data dikumpulkan dalam bentuk soal pre-test dan post-test. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 2,74 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 Aceh Barat pada materi Gerak Melingkar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Drs. Soewarno S, M.Si 2.Rusydi, S.T, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Gerak Melingkar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fitria Rahmah |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 07:52 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 07:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3153 |