Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Ruja Wati, 201325119 (2017) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ruja Wati.pdf]
Preview
Text
Ruja Wati.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D Ruja Wati.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D Ruja Wati.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah terutama di kelas IV menggunakan media audio visual dengan pembelajaran konvensional. Adapun siswa sangat antusias dalam belajar, namun kurang menantang siswa dalam berfikir kritis. Meskipun demikian, pembelajaran yang menggunakan media audio visual belum pernah dikombinasikan dengan model pembelajaran. (1) Bagaimanakah efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media audio visual pada Tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan (1) lembar tes dan (2) lembar angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan (1) thitung > ttabel yaitu thitung = 2,63 dan t0,95 = 1,66, Sehingga Ha terima hipotesis yang disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team game tournamen (TGT) dengan media audio visual terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Hasil analisis data respon siswa dilihat berdasarkan persentase yang diperoleh yaitu hampir seluruh siswa sangat tertarik dengan model dan media yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran team game tournamen (TGT) dengan media audio visual sangat berpengaruh pada keterampilan berfikir kritis siswa sehingga dengan menggunakan model dan media tersebut proses pembelajaran lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, M. Pd 2. Wati Oviana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Media Audio Visual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruja Wati
Date Deposited: 28 Mar 2018 09:32
Last Modified: 28 Mar 2018 09:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item
View Item