Evaluasi Implementasi Melalui Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Melly Rahmatan, 261324573 (2018) Evaluasi Implementasi Melalui Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematika]
Preview
Text (Membahas Tentang Kemampuan Berpikir Kritis Matematika)
melly rahmatan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of form b dan form d.pdf]
Preview
Text
form b dan form d.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh guru untuk dikembangkan pada peserta didiknya. Masih banyak siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tergolong rendah atau belum optimal. Salah satu metode yang dilakukan guru dalam mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswadengan model Problem Based Learning (PBL). Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah : Bagaimana tingkat hasil kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui pembelajaran Model Problem Based Learning ? tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.3 SMA Negeri 5 Banda Aceh dengan jumlah siswa 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi dengan model CIPP yaitu Context, Input, Process dan Product. Teknik pengumpulan data menggunakan tes matematika, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil lpenelitian menunjukan 36% siswa berkatagori sangat kritis, 20% berkatagori kritis, 20% berkatagori cukup kritis, 12% berkatagori kurang kritis dan 12% berkatagori tidak kritis. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa berada dikatagori Cukup Kritis dengan persentase rata-rata 56,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.H.Nuralam, M.Pd. 2. Yassir, S.Pd.I., S.T., M,Pd.
Uncontrolled Keywords: Matematika, PBL, Evaluasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Melly Rahmatan
Date Deposited: 29 Mar 2018 09:56
Last Modified: 29 Mar 2018 09:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item
View Item