Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X MAN 2 Pidie

Uspah Vunna, 251324443 (2017) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Materi Gerak Lurus di Kelas X MAN 2 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Contextual Teaching and Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Contextual Teaching and Learning)
PDF GABUNG (USPAH VUNNA).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of form b dan d gabungan.pdf]
Preview
Text
form b dan d gabungan.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat belajar dan pemahaman konsep pada suatu bahasan materi menjadi pemicu rendahnya daya berpikir logis siswa terhadap materi pelajaran fisika sehingga mengakibatkan siswa tidak mampu mencapai tujuan
pembelajaran, hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata siswa di bawah KKM yaitu < 70. Proses pembelajaran yang kurang semangat, teacher center dan
terkesan monoton dapat membuat siswa merasa bosan, untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat termotivasi untuk menemukan sendiri materi dan
menghubungkannya dengan kehidupan nyata, dalam hal ini pembelajaran yang dianggap sesuai oleh peneliti adalah Contextual Teaching and Learning (CTL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berpikir logis siswa dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi gerak lurus di kelas X MAN 2 Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes tulis, dengan dianalisis melalui SPSS 16.0 untuk uji normalitas,homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian juga menunjukkan pencapaian siswa terhadap indikator berfikir logis, persentase indikator 1 “menarik kesimpulan analogi dan generalisasi” sebesar 64,13%, indikator 2 “menarik kesimpulan logis berdasarkan inferensi” sebesar 85,507% dan indikator 3 “menyusun pembuktian langsung, tak langsung dan dengan induksi matematik” sebesar 27,536%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,812 > 1,679 Dengan demikian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen lebih dapat berpikir logis dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada materi gerak lurus di kelas X MAN 2 Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd 2. Sabaruddin, S. Pd, M. Pd 2.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Berpikir Logis Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Uspah Vunna
Date Deposited: 29 Mar 2018 09:47
Last Modified: 29 Mar 2018 09:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item
View Item