Pengaruh Penggunaan Metode Montessori dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Archimedes di SMPN 2 Samatiga

Safrida Yani, 251222836 (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Montessori dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Archimedes di SMPN 2 Samatiga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Belajar Mengajar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Belajar Mengajar)
SAFRIDA YANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMPN 2 Samatiga diperoleh permasalahan bahwa kurangnya pengunaan metode pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, sehingga siswa hanya bermain-main dan kurang memperhatikan materi pelajaran pada saat guru menjelaskan. Alat peraga juga tidak digunakan pada pembelajaran fisika khususnya pada penyajian sub pokok bahasan Hukum Archimedes, hal ini dikarenakan tidak adanya laboratorium di sekolah tersebut, sehingga siswa kurang bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran fisika menunjukkan angka kurang memuaskan yaitu dengan nilai rata-rata 50, karena 15 dari 20 siswa mendapatkan nilai dibawah angka 60, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) disekolah tersebut adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Montessori dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hukum Archimedes di SMPN 2 Samatiga. Metode yang digunakan dalam peneltian ini Pre-Experimental Desain dengan One-Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di SMPN 2 Samatiga Aceh Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Samatiga semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel ini Purposive Sampling teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uju-t, diperoleh perbedaan yang cukup signifikan antara rata-rata skor, diperoleh skor rata-rata tes akhir 78 , lebih tinggi dari skor rata-rata tes awal 41,2. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 8,76 > ttabel 1,73, untuk taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaaan metode Montessori dengan menggunakan alat peraga dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hukum Archimedes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd 2. Jufprisal M.Pd
Uncontrolled Keywords: Montessori, Alat Peraga, Hukum Archimedes, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2018 10:15
Last Modified: 03 Apr 2018 10:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item
View Item