Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh

Khairunnisak, 251324487 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Gerak Lurus di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
KHAIRUNNISAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar khususnya pada materi gerak lurus disebabkan oleh proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru, guru belum sepenuhnya menerapkan Kurikulum 2013, dan media yang digunakan belum bervariasi, oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan menerapakan model PBL berbantuan Multimedia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model PBL berbantuan Multimedia. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 69 peserta didik, yang menjadi sampel untuk kelas ekperimen adalah VIII-B dan kelas kontrol adalah VIII-A dengan jumlah peserta didik di kedua kelas masing-masing 25 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan (1) soal tes yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji regresi (2) lembar angket respon peserta didik dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran PBL berbantuan multimedia didapat thitung> ttabel yaitu 4,930>1,684, dengan koefisien regresi sebesar 0,47 (2) hasil persentase angket respon peserta didik telah memberikan respon positif terhadap model pembelajaran PBL berbantuan multimedia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada materi gerak lurus di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Misbahul Jannah, M. Pd., Ph. D; 2. Nurhayati, S. Si., M. Si
Uncontrolled Keywords: PBL, Multimedia, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khairunnisak Nisa
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:32
Last Modified: 06 Apr 2018 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item
View Item