Kemampuan Baca Al-Qur'an Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar

Muzaris Masyhudi, 211323900 (2018) Kemampuan Baca Al-Qur'an Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Baca Al Qur'an Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Kemampuan Baca Al Qur'an Siswa)
Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca al-Qur’an deangan ketentuan yang benar merupakan suatu anjuran dalam Islam mulai dari masa baligh. Karena masa inilah setiap mukallaf telah dibebankan hukum. Berdasarkan temuan awal terdapat 16 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, seharusnya siswa tingkat kelas IX SMP sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Karena pada jenjang pendidikan ini siswa kelas IX telah memasuki masa baligh (terbeban hukum). Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kemampuan baca al-Qur`an siswa, (2) Apa saja kendala-kendala siswa dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur`an, dan (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur`an siswa kelas IX SMP Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengolah data deskriptif analisis. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes (tes kemampuan baca al-Qur’an). Hasil penelitian pra kendala dan upaya terhadap peningkatan kemampuan baca al-Qur’an ditemukan bahwa tidak satupun diantara siswa yang mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi nilai “A” (sangat mampu / tinggi). (82,2%) pada umumnya mereka hanya mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi “B”, dan sedikit sekali di antara mereka kurang mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi nilai “C” (17,7%). Berdasarkan hasil penelitian pasca kendala dan upaya peningkatan kemampuan baca al-Qur’an ditemukan bahwa sedikit sekali siswa yang mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi nilai “A” sangat mampu / tinggi (14%). Kemudian (78%) sebagian besar dari mereka hanya mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi “B”, dan sedikit sekali di antara mereka kurang mampu membaca al-Qur’an dengan kualifikasi nilai “C” (8%). Adapun kendala siswa dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an diantaranaya dipengaruhi oleh faktor internal seperti keluarga dan faktor eksternal seperti lingkungan, di samping itu guru PAI tidak memiliki inovasi dalam menetapkan metode, sehingga siswa malas mengikuti program les yang telah dibentuk oleh lembaga sekolah, padahal pemerintah telah membuat pelatihan terhadap guru PAI. Seharusnya guru PAI mampu dan mempunyai bekal yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan pihak sekolah juga mengundang guru lain dalam hal ini, guna menghindari kejenuhan dan meningkatkan kemampuan para siswa dalam membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hamdiah, MA 2. Ainal Mardhiah, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an, Al-Qur'an, SMP
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzaris Masyhudi Bg Aries
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:12
Last Modified: 09 Apr 2018 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item
View Item