Penerapan Metode Discovery Learning pada Tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 1V MIN 11 Banda Aceh

Syarifah, 201223374 (2018) Penerapan Metode Discovery Learning pada Tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 1V MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Metode Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Discovery Learning)
Syarifah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN 11 Banda Aceh di kelas IV-2, pada saat proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dan percobaan pada pembelajaran IPA. Hal ini masih kurang efektif mengingat bahwa siswa tidak terlibat langsung dengan sumber pembelajaran secara maksimal. Kemudian juga aktivitas siswa yang cenderung pasif pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan menerapkan metode discovery learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan(3) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery learning pada Tema Peduli Terhadap Mahkluk Hidup di Kelas IV-2 MIN 11 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh nilai 70,19% dalam kategori cukup, siklus II meninggkat dengan nilai 93,96% dalam kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada silkus 1 memperoleh nilai 70,37% dalam kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 91,66% berada dalam kategori baik sekali. (3) hasil tes siswa pada siklus 1 sebesar 70,27% berada dalam kategori kurang, dan pada siklus II meninggkat menjadi 86,48% dalam kategori baik sekali, siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode discovery learning pada tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Wati Oviana, M. Pd 2.Fakhrul Rijal, MA
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Discovery Learning, Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Bani
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:03
Last Modified: 06 Apr 2018 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item
View Item