Asmaniza, 291223258 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Word Square dan Crossword terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit dikelas X MAS Babun Najah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Asmaniza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf
Download (589kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MAS Babun Najah Banda Aceh. Penelitian ini dilatar belakangi pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan pada materi larutan elektroloit dan larutan nonelektrolit, sedangkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 78. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa. Model pembelajaran Discovery learning adalah salah satu model dalam pengajaran teori kognitif dengan mengutamakan peran guru dalam menciptakan situasi belajar yang melibatkan siswa belajar secara aktif dan mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning melalui media word square dan crossword terhadap aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan menggunakan dua kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa, pemberian soal pree test dan post test dalam bentuk pilihan ganda dan pemberian angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji t-tes sedangkan data untuk angket dan data untuk aktivitas siswa dinalisis dengan persentase. Dari hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui media word square dibandingkan media crossword di kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh. Dan hasil analisis data angket menunjukkan pada kategori Tertarik yang dibuktikan dengan skor persentase 96,33 % dan 89,55 %. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit meningkat dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui media word square daripada crossword di kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Dr. H. Ramli Abdullah, M. Pd 2.Safrijal, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Media Word Square, Crossword, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Asmaniza Husni |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 03:38 |
Last Modified: | 06 Apr 2018 03:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3365 |