Penerapan Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat pada Siswa Kelas I Mutawasit Maahad Mesbah el-Ulum Selatan Thailand

Miss Amanee Hiya, 211323926 (2018) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat pada Siswa Kelas I Mutawasit Maahad Mesbah el-Ulum Selatan Thailand. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Metode Pembelajaran)
Miss Amanee Hiya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi adalah metode yang tepat untuk melatih siswa menjadi lebih aktif dalam belajar fiqih khususnya pada materi shalat, karena dengan metode demonstrasi siswa akan terlibat langsung sehingga mendapat pengalaman baru. Dalam pembelajaran fiqih siswa hanya mendengar penjelasan dari guru dan membaca buku paket, hal ini terkesan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Mutawasit Maahad Mesbah el-Ulum. Pertanyaan dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran materi shalat dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang dalam prosesnya menggunakan dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Perencanaan dimulai dengan menelaah silabus dan dilanjutkan dengan menyusun RPP. (2) Pelaksanaan metode demonstrasi dengan menggunakan tindakan kelas menghasilkan seluruh siswa yang mampu mempraktikkan shalat dengan baik dan tertib. (3) Penilaian pembelajaran materi shalat dengan menyuruh siswa praktik kembali apa yang didemonstrasikan oleh guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus pertama hanya mendapat nilai rata-rata 58% meningkat pada siklus yang kedua menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Mutawasit Unit 1 di Maahad Mesbah el-Ulum Selatan Thailand.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Suyanta, M. Ag. 2. Muhajir, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Materi Shalat, Demonstrasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Amanee Hiya
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:41
Last Modified: 06 Apr 2018 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item
View Item