Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs

Nuzulia Rahmi, 261324538 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
NUZULIA RAHMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dan tuntutan dalam mempelajari matematika adalah agar siswa mampu bernalar dengan baik. Oleh karena itu, dalam mempelajari matematika sangat diperlukan kemampuan penalaran matematis. Namun pada kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang dapat mengoptimalkan berkembangnya kemampuan penalaran siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL dapat mengembangkan penalaran matematis siswa melalui penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP/MTs, (3) Untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model PBL terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain Pretest Posttest Equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Umar Diyan dan sampelnya kelas VIII-D dan VIII-F yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Dengan menggunakan uji-t, diperoleh (1) thitung > ttabel yaitu 6,114>1,665, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa MTsS Umar Diyan yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis, terlihat pada rata-rata persentase skor pada indikator sebelum dan sesudah diterapkan PBL. Rata-rata persentase skor sebelum diterapkan PBL yaitu 24,99% sedangkan setelah diterapkan PBL naik menjadi 80,88%. Hal ini menunjukkan adanya perubahan kategori kemampuan penalaran matematis yaitu dari kategori rendah menjadi kategori tinggi. (3) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan model PBL dapat menuntaskan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 85,29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Khairatul Ulya, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuzulia Rahmi
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:56
Last Modified: 09 Apr 2018 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item
View Item