Evaluasi Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di MAN Sibreh Aceh Besar

Agustina, 271223011 (2017) Evaluasi Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di MAN Sibreh Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang elaksanaan Program Bimbingan dan Konseling]
Preview
Text (Membahas tentang elaksanaan Program Bimbingan dan Konseling)
Agustina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of surat Penyataan skripsi dapat diakses Penuh.pdf]
Preview
Text
surat Penyataan skripsi dapat diakses Penuh.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Peran kepala sekolah dalam mengevaluasi segenap kegiatan yang diprogramkan dan berlangsung di MAN Sibreh sangat penting, sehingga pelayanan pengajaran,latihan, dan bimbingan dan konseling (BK) dapat manjadi kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis. Hasil dari evaluasi kepala sekolah dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling menjadi rujukan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang lebih baik lagi kedepannya. Akan tetapi kenyataannya di MAN Sibreh dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang telah disusun tidak sepenuhnya terlaksana, sarana dan prasarana yang ada di MAN Sibreh belum memadai sehingga membuat pelaksanaan bimbingan dan konseling belum berjalan efektif dan efesien. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui strategi evaluasi kepala sekolah dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MAN Sibreh Aceh Besar, untuk mengetahui hambatan kepala sekolah dalam pelaksanaan evaluasi program BK di MAN Sibreh Aceh Besar dan untuk mengetahui solusi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di MAN Sibreh Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru BK, dan siswa/siswi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; Pertama, Tanggung jawab kepala sekolah dalam pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling sudah dijalankan dengan baik oleh kepala sekolah MAN Sibreh evaluasi setiap kegiatan dilakukan pengawasan dan pengarahan atau pembinaan pada saat penyusunan dan pelaksanan program bimbingan dan konseling. Kedua, hambatan dalam pelaksanaan program bimbingan konseling yaitu, (1) kurangnya waktu dalam pelaksanaan program bimbingan konseling, (2) kurangnya tenaga guru BK, dan (3) sarana prasarana kurang memadai dalam menjalankan program bimbingan konseling. Ketiga solusinya bahwa kepala sekolah dalam mengatasi hambatan pelaksanaan program bimbingandan konseling yaitu, (1) kepala sekolah berusaha menambah atau jadwal jam untuk guru BK, (2) kepala sekolah berusaha untuk merekrut atau menambah guru BK baik itu PNS mau pun non PNS, dan (3) kepala sekolah berusaha meminta kepada guru BK untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada semaksimal dan sekreatif mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Sri Rahmi, MA 2.Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kepala Sekolah, Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:29
Last Modified: 09 Apr 2018 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item
View Item